Skripsi
Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (circ) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII smp muhammadiyah 1 berbah
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPErnCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)rnDITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKArnSISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 BERBAHrnOleh : Anang Arum Pamungkasrn11141009rnABSTRAKrnPenelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaranrnkooperatif tipe CIRC dan mengetahui perbedaan antara model pembelajaran CIRCrndengan model konvensional yang lebih baik ditinjau dari hasil belajar matematikarnsiswa. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desainrnpretest dan post-test grup kontrol tidak secara random. Variabel penelitian yaiturnvariabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa hasilrnbelajar siswa. Banyaknya sampel yang ditetapkan peneliti untuk pengambilanrnkeputusan uji analisis data sebanyak 22 siswa pada masing-masing kelas. Modelrnpengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan instrumen tes pilihanrnganda. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan software SPSSrn16.0.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipernCIRC efektif serta lebih baik daripada model konvensional ditinjau dari hasilrnbelajar matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji One Sample t Testrnnilai pretest dan nilai post-test kelas eksperimen didapatkan thitung < ttabel yaiturn−5,006 < 2,017 dan diketahui nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, berarti H0 ditolak,rnserta pada uji Independent Samples t Test pada kedua sampel hasilnya didapatrnthitung < ttabel yaitu −2,242 < 2,018 selain itu diketahui nilai Sig. sebesar 0,030 Tidak tersedia versi lain
Ketersediaan
Informasi Detail
Versi lain/terkait
Lampiran Berkas
Komentar
Anda harus masuk sebelum memberikan komentar