Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Visitor
  • Bantuan
  • Login Admin
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Emotion-focused coping pada pendidik anak berkebutuhan khusus di SMPLB

Dwipa Satria Negara - Nama Orang;

Pendidik sekolah berkebutuhan khusus adalah pendidik yang bertugas untuk
memberikan pembelajaran pada anak dengan keterbatasan pada dirinya.
Pembelajaran yang diberikan berbeda dengan anak pada umumnya yang
mengharuskan pendidik untuk tetap terjaga kondisi dirinya, namun tidak berarti
pendidik dapat lepas begitu saja dari permasalahannya. Dalam menjaga kondisi
tersebut pendidik pun harus bisa menyelesaikan atau menghadapi permasalahan
tanpa menimbulkan pengaruh yang besar dalam dirinya. Respons yang diberikan
adalah dengan menggunakan teknik Emotion-Focused Coping. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penggunaan Emotion-Focused Coping di kalangan
para pendidik yang bertugas di sekolah luar biasa di SMPLB. Partisipan dalam
penelitian berjumlah 2 orang yang menjadi partisipan utama. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi semi
partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua partisipan penelitian
menggunakan teknik Emotion-Focused Coping dalam menghadapi atau
menyelesaikan permasalahan. Dalam penggunaan teknik Emotion-Focused Coping
kedua partisipan tidak menggunakan aspek-aspek yang sama ketika menghadapi
atau mengatasi permasalahannya, namun kedua partisipan menggunakan aspekaspek
yang berbeda-beda berdasarkan kondisi permasalahan. Penggunaan teknik
Emotion-Focused Coping tidak hanya dipengaruhi pada kondisi serta situasi
permasalahan, tetapi juga pada faktor-faktor yang mendukung penggunaan teknik
coping itu sendiri.
Kata kunci: Emotion-Focused Coping, Pendidik Sekolah Luar Biasa, Anak
Berkebutuhan Khusus, Coping


Ketersediaan
#
Perpustakaan kampus 3 PSI 18.1095 Neg e
SI1095
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PSI 18.1095 Neg e
Penerbit
Yogyakarta : Fakultas psikologi Universitas Mercu Buana., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 84 hlm., ilus,; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PSI 18.1095 Neg e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Berkebutuhan Khusus, Coping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?