Text
Koperasi di era ekonomi kreatif
Koperasi sebagai salah satu alternatif model badan usaha di Indonesia, menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Selain pandangan pesimistis masyarakat akan eksistensi Koperasi, sektor usaha Koperasi yang mayoritas dibidang keuangan seakan semakin mempersempit ruang gerak Koperasi untuk merambah di sektor usaha yang lain. Banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan Koperasi, rentenir yang berkedok Koperasi semakin memperburuk citra Koperasi di tengah-tengah masyarakat. Revolusi industri yang saat ini pada tahap industri kreatif membutuhkan bentuk badan usaha yang mewadahi para pelaku industri kreatif. Selain institutional form s of creative enterprises, pelaku industri kreatif juga membutuhkan creative center sebagai pusat pelatihan dan sarana dan prasarana kreasi, tempat pemasaran produk kreatif dan lembaga keuangan. Isi didalamnya akan mendeskripsikan potensi dan peran Koperasi dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor Ekraf di Indonesia
Tidak tersedia versi lain